10 Juta Volt Listrik

petir.jpgTerinspirasi dari sengatan listrik di laptop tadi malam, saya kepikiran untuk menulis ulang keterangan di discovery chanel tentang petir. Berikut penjelasannya:

Petir, senjata kesukaan dewa dalam mitologi Yunani, thor. Listrik merupakan senjata paling kuat di bumi. Ada lebih dari 10 juta volt tiap harinya. Jika kau hitung, itu sama saja dengan 100 kilatan setiap detiknya. Kilatan ini adalah percikan listrik yang terbentuk di dalam awan. Kita tahu kenapa petir digambarkan sebagai senjata para dewa. Bangsa yunani percaya bahwa petir dihasilkan atas perintah dewa zeus sebagai hukuman untuk manusia.

Di meksiko, penduduk Indian pueblo menggambarkan burung petir yang matanya bersinar dan sayapnya menghasilkan petir. Suku Aborijin di Australia menggambarkannya sebagai “petir bersaudara”. Dua pejuang yang berkelahi. Saat kedua kapak batu mereka bersentuhan, tercipta kilatan. Dan suaranya dalam bentuk petir. Bahkan hingga kini, kita masih mempelajari petir untuk menjawab pertanyaan yang dipertanyakan Aborijin sejak dulu.

Apa penyebab terjadinya petir? berikut penjelasan para ilmuwan.

Petir terdiri dari dua unsur. Air dan panas. Saat kantung air dipanaskan oleh matahari, air menyusut. Semakin tinggi air yang naik maka semakin sejuk. Hal ini menyebabkan kepadatan air meningkat dan membentuk awan. Jika keadaan mendukung, maka kepadatan awan meningkat dan letak awan akan tinggi. Karena kumpulan air membesar maka akan turun sebagai hujan. Sedangkan awan lain akan naik sampai air di dalam awan berubah menjadi kristal es. Kristal es ini akan turun kembali ke awan dan menabrak kristal kecil. Setiap benturan akan menghasilkan kristal es beraliran listrik.

Menurutmu apa yang terjadi jika medan magnit berbeda bertemu. Seluruh awan akan seperti baterai besar. Medan positif di bagian atas sedangkan negatif di bagian bawah. Awan tak bisa menerima aliran daya listrik sebesar itu. Harus ada yang dilepaskan. Angin lalu bertiup melepaskan listrik yang berlebihan. Itu dia, sebuah petir terlahir. Memang tidak menyenangkan tapi itulah yang terjadi. Saat petir, angin disekitarnya bertiup sangat cepat. Sehingga menghasilkan suara gemuruh yang hebat. Terdengar seperti bunyi palu mitologi milik Thor. Meski petir dan gemuruh terjadi bersamaan, kita selalu lihat kilatannya lebih dulu sebelum bunyi gemuruh. Itu karena kecepatan suara lebih lambat dari cahaya.

Ilmuwan di Florida menghabiskan banyak waktu menerbangkan roket ke dalam awan petir. Kalian pasti ingin tahu untuk apa. Tapi pasti ada penjelasan dibaliknya. Ilmuwan mengikatkan kawat tembaga pada bagian ekor lalu diterbangkan. Mereka harap petir bisa mengeluarkan kilatan lalu dialirkan oleh kawat. Dengan ini mereka bisa meneliti dampak petir dari jarak dekat. Menurutku itu terlalu dekat.

#
Maaf capek nyatet penjelasan filmnya. Waktu nyatet saya harus pause berkali2. Itupun awalnya sering salah klik tombol stop. Penjelasan di atas memang kurang jelas. Namun ilustrasi di filmnya yang membuatnya lebih menarik.

Alhamdulillah sengatan listrik tadi malam cuma seperti digigit semut. Itupun dari port usb laptop saya yang sedang mati. Saya ga bisa bayangkan gimana rasanya 10 juta volt listrik!

petir-grafis-ok.gif

Iseng2 lagi saya cari ayat2 yg mengandung kata kilat di al-Quran digital. Dan yang berhubungan dengan proses penciptaan kilat adalah seperti berikut:

[ar-Ra’ad by ar-Rahman]
Tanda-tanda keesaan Allah s.w.t.
12. Dia-lah Tuhan yang memperlihatkan kilat kepadamu untuk menimbulkan ketakutan dan harapan, dan Dia mengadakan awan mendung.

[an-Nuur by al-Aziz]

43. Tidaklah kamu melihat bahwa Allah mengarak awan, kemudian mengumpulkan antara (bagian-bagian)nya, kemudian menjadikannya bertindih-tindih, maka kelihatanlah olehmu hujan keluar dari celah-celahnya dan Allah (juga) menurunkan (butiran-butiran) es dari langit, (yaitu) dari (gumpalan-gumpalan awan seperti) gunung-gunung, maka ditimpakan-Nya (butiran-butiran) es itu kepada siapa yang dikehendaki-Nya dan dipalingkan-Nya dari siapa yang dikehendaki-Nya. Kilauan kilat awan itu hampir-hampir menghilangkan penglihatan.

[ar-Ruum by ar-Rasyiid]

24. Dan di antara tanda-tanda kekuasaan-Nya, Dia memperlihatkan kepadamu kilat untuk (menimbulkan) ketakutan dan harapan, dan Dia menurunkan hujan dari langit, lalu menghidupkan bumi dengan air itu sesudah matinya. Sesungguhnya pada yang demikian itu benar-benar terdapat tanda-tanda bagi kaum yang mempergunakan akalnya.

Source:

gambar1 : blog sukaatiaku
gambar2: blog galerigianjar
Ingin tahu tentang petir / kilat lebih lanjut, bisa dilihat di url ini: angkasa-online

10 responses to “10 Juta Volt Listrik

  1. Penjelasannya detail banget. Keren.

    Ada lebih dari 10 juta volt tiap harinya.

    Kalo kata temenku yg lulusan elektro ITS, seingetku koq gak sampe jutaan volt ya. Tapi ribuan volt. Aku lupa angkanya. Ntar kalo ketemu aku tanyaain lagi. Karena itu gak semua orang mati kena sengatan petir. Banyak pula yang masih hidup meskipun telah disengat petir.

    # riza:
    mungkin yang disini maksudnya di bumi

  2. dan yang pasti petir bisa menyebabkan kematian. ga bayangin deh, rasanya disambar petir, hihi……………..atut………………..
    apapun penjelasan mengenai petir, subhanallah, tiada yang berkuasa selain DIA. ngeri banget kalau hujan ada petirnya, pas lagi diluar rumah

    # riza:
    sama mbak :-S
    dan antara proses terciptanya petir hasil analisa ilmuwan ternyata sama dengan apa yang ada di qur’an

  3. yang pasti gw kaget kalo liat petir, serasa di poto berkali2 gitu
    tapi subhanallah, Maha Besar Allah yang telah menciptakannya sedemikian rupa

    # riza:
    iya mbak, Allah memang benar. sungguh rugi makhluk yang mengingkari kebenaran

  4. Subhanallah walhamdulillah walahu akbar
    Maha Besar ALLAH yang menciptakan segala sesuatunya yang harusnya semakin menyadarkan manusia untuk sujud dan tidak sombong

  5. Waw…
    Tiap kali dnger swara petir,q sllau ktakutan.g kbyang deh gmn lau ampe ksambet ntu petir.dan it yg bkin nmbah keimanan qt thdp yg kuasa.

  6. DAHSYAT……… itulah SUARA TUHAN……… waktu Musa bertemu denganNya dii Gunung Sinai…. dua loh batu (Taurat).. ditulis dengan kilatan cahaya petir…..!!…….. Bangsa Israel ketakutan berhadapan dengan TUHAN di kaki gunung Sinai……

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s