Penguasa Waktu

waktu.jpgAda orang yang mengatakan kitalah yang menguasai waktu, tapi sebenarnya manusia sama sekali tak berdaya dan hanya bisa memanfaatkan waktu yang diciptakanNya. Waktu adalah ciptaan Allah yang unik, kita tidak bisa melihatnya tapi waktu memang ada, sama seperti listrik memang. Dimensi waktu memang menyimpan banyak rahasia. Ilmuwan pun menganggap waktu sebagai dimensi yang ke-empat. Waktu yang merupakan ciptaan Allah memang sesuatu yang relatif. Meskipun itu tampak mutlak di mata manusia. Dalam salah satu karya Harun Yahya, dikatakan relativitas waktu sering disinggung dalam al-Qur’an. Salah satunya bisa dilihat dalam al-Quran surat al-Ma’aarij ayat 4:

Malaikat-malaikat dan Jibril naik (menghadap) kepada Tuhan dalam sehari yang kadarnya limapuluh ribu tahun. [QS. al-Ma’aarij, 70: 4]

great-idea.jpgDalam kisah Ashabul Kahfi tentang 7 pemuda dan seekor anjing yang ditidurkan selama 309 tahun qamariah dalam gua. Mereka terbangun dalam keadaan yang sama ketika mereka mulai tertidur. Mereka sendiri bingung dan berselisih berapa lama mereka telah tertidur. Bisa tergambar bahwa memang waktu bisa menjadi relatif bagi Allah. Karena hanya penciptanya yang bisa memanipulasinya.

 

Dia telah menulis tiap kejadian dalam Lauful Mahfudz sehingga Dialah yang bisa merekayasa berbagai kejadian kebetulan di dunia ini, karena Allah Maha Mengetahui. Manusia hanya bisa melihat dan mengambil hikmahnya. Terpana dan merenungi, sungguh Allahlah Sang Penguasa Waktu. Allahualam.

Berikut beberapa ayat al-Quran yang berhubungan dengan waktu:

99. Dan apakah mereka tidak memperhatikan bahwasanya Allah yang menciptakan langit dan bumi adalah kuasa (pula) menciptakan yang serupa dengan mereka, dan telah menetapkan waktu yang tertentu[868] bagi mereka yang tidak ada keraguan padanya? Maka orang-orang zalim itu tidak menghendaki kecuali kekafiran.
[QS. al-Israa’, 17]

[868]. Maksudnya: waktu mereka mati atau waktu mereka dibangkitkan.

48. Dan mereka akan dibawa ke hadapan Tuhanmu dengan berbaris. Sesungguhnya kamu datang kepada Kami, sebagaimana Kami menciptakan kamu pada kali yang pertama; bahkan kamu mengatakan bahwa Kami sekali-kali tidak akan menetapkan bagi kamu waktu[883] (memenuhi) perjanjian.
[QS. AL-Kahfi, 18]
[883]. Yang dimaksud dengan waktu di sini ialah hari berbangkit yang telah dijanjikan Allah untuk menerima balasan.

5. Dia-lah yang menjadikan matahari bersinar dan bulan bercahaya dan ditetapkan-Nya manzilah-manzilah (tempat-tempat) bagi perjalanan bulan itu, supaya kamu mengetahui bilangan tahun dan perhitungan (waktu). Allah tidak menciptakan yang demikian itu melainkan dengan hak[669]. Dia menjelaskan tanda-tanda (kebesaran-Nya) kepada orang-orang yang mengetahui.
[QS. Yunus, 10]
[669]. Maksudnya: Allah menjadikan semua yang disebutkan itu bukanlah dengan percuma, melainkan dengan penuh hikmah.

5. Dia menciptakan langit dan bumi dengan (tujuan) yang benar; Dia menutupkan malam atas siang dan menutupkan siang atas malam dan menundukkan matahari dan bulan, masing-masing berjalan menurut waktu yang ditentukan. Ingatlah Dialah Yang Maha Perkasa lagi Maha Pengampun.
[QS. az-Zumar,39]

Semua yang ada di langit dan bumi selalu meminta kepadaNya. Setiap waktu Dia dalam kesibukan[1444]. Maka nikmat Rabb-mu yang manakah yang kamu dustakan?
[QS. ar-Rahmaan, 55:29-30]
[1444]. Maksudnya: Allah senantiasa dalam keadaan menciptakan, menghidupkan, mematikan, memelihara, memberi rezki dan lain lain.

* terinspirasi dari Harun Yahya

2 responses to “Penguasa Waktu

  1. subhanaalah, tapi koq ya kadang2 masih aja ga bisa menghargai waktu
    kyk semalam itu, krn bosen baca buku, akhirnya nonton smallville di trans 7
    hehehe

    # riza:🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s