Ada Apa Dengan Jin?

api.jpgKasus Lia Eden yang mengaku mendapat bisikan dari malaikat jibril, sepatutnya menjadi pelajaran bagi kita. Mengapa dia tidak berpikir terlebih dulu apakah itu benar-benar bisikan dari malaikat jibril? Bukankah Allah juga menciptakan makhluk bernama jin yang bisa kasat mata dan juga bisa didengar suaranya?

Saya pernah dengar rekaman rukyah yang ada suara jinnya. JIn tersebut berbicara dengan ustadz. Pak ustadz berusaha menyuruh dia keluar dari tubuh manusia. Ternyata jin suaranya juga bisa direkam menjadi mp3. Pernah juga lihat di tayangan ‘dunia lain’ kalau ternyata jin bisa ditangkap gambarnya. Dalam salah satu episodenya ada suara wanita berkata ‘assalamualaikum’ di awal rekaman.

Pada jaman Rasul pun jin sudah lama dikenal. Bahkan dibahas khusus dalam salah satu surat dalam kitab Allah ini. Kenapa Lia Eden ini tidak membandingkan petunjuk yang didapatnya dengan al-Qur’an? Tiap orang yang berpikir pasti bisa menilai bahwa sangat sulit untuk membuat tandingan al-Quran. Apalagi di jaman modern seperti ini dimana sains sudah banyak membuktikan kebenaran ayat-ayat Allah. Dan saya yakin kalaupun ada sedikit perbedaan pasti ilmu manusialah yang kurang. Atau manusianya yang salah mengartikan ayat-ayat Allah.
Kembali membahas masalah jin ini, dalam al-Quran, Allah juga menerangkan tentang keberadaan makhluk bernama jin ini. Rasulullah dan para sahabat pun bisa berinteraksi dengan jin. Banyak juga jin yang beriman, lalu kenapa Rasulullah tidak meminta bantuan jin ketika berperang dengan orang kafir? Bagaimana sebenarnya hukum bekerja sama dengan jin?

Allah ta’ala telah berfirman :
“Dan bahwasannya ada beberapa orang laki-laki diantara manusia meminta perlindungan kepada beberapa laki-laki diantara jin, maka jin-jin itu itu menambah dosa bagi mereka” [QS. Al-Jin : 6]

Ibnu Katsir berkata:
“Maksudnya, kami (jin) berpendapat bahwa kami mempunyai keutamaan atas manusia, karena mereka berlindung kepada kami. Yaitu, ketika mereka turun ke lembah atau tempat angker di daratan atau tempat lainnya, seperti kebiasaan orang Arab pada jaman Jahiliyyah, sebagian mereka meminta perlindungan kepada penguasa tempat itu yang berupa jin agar tidak tertimpa sesuatu yang membahayakan mereka. Seperti salah seorang dari mereka memasuki negeri musuhnya di bawah perlindungan, kekuasaan, dan penjagaan orang besar. Ketika jin telah mengetahui bahwa manusia berlindung kepadanya lantaran ketakutan mereka kepada jin, maka jin-jin itu membuatnya semakin takut. Maksudnya : takut, rasa terancam, dan bingung, sehingga mereka terus semakin takut dan semakin berlindung kepada mereka” [selesai]

Itulah yang dilakukan oleh jin kafir yang senantiasa berusaha menjerumuskan manusia kepada kesyirikan. Jika manusia meminta bantuan kepada jin, maka hal itu akan membuat jin semakin sombong. Mereka beranggapan bahwasannya bangsa jin lebih tinggi kedudukannya dibandingkan manusia, sama seperti anggapan iblis kepada Adam di awal penciptaan. Padahal kenyataannya adalah tidak demikian.
nemo_comel.jpg
Kesenangan manusia dari jin adalah karena tercapai hajatnya, terlaksana perintah-perintahnya, dan pemberitaan jin untuknya tentang sesuatu yang ghaib. Kesenangan jin dari manusia adalah karena manusia mengagungkannya, berlindung, dan tunduk kepadanya”. Selesai perkataannya dengan cara diringkas.

Kesimpulan : Haram hukumnya meminta bantuan perlindungan atau yang lainnya kepada jin. Hal itu merupakan kesyirikan dan dapat menjerumuskan kepada kesyirikan yang lebih besar lagi. Allaahu a’lam.

[Jawaban bersumber dari kitab Fathul-Majid fii Syarhi Kitaabit-Tauhid karya Syaikh Abdurrahman bin Hasan Alu Syaikh rahimahullah, Maktabah Taufiqiyyah, halaman 153-154].

source: blog suryaningsih

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s