Berita Basi tentang Yang Instan – Instan

Kenapa baru kenal sekarang? Kenapa tidak dari dulu saja? Tapi tak apalah, toh lebih baik terlambat daripada tidak sama sekali.

Beberapa waktu lalu saya diminta membuatkan web sebuah instansi. Saya, lulusan IT yang gaptek ini langsung membayangkan bikin website pake php secara manual. Yah itu kerjaan saya pas di Surabaya, mbuat aplikasi web bareng teman2. Jadi saya pikir saya pasti bisa. Bukankah ‘you can if you think you can’?. Lagian saya pikir, daripada pikiran nganggur toh saya agak terbiasa pakai php. Akhirnya saya terima saja. Namun ketika saya pikir2 lagi ternyata banyak fitur yang akan menghabiskan banyak waktu misal buat upload dan edit artikel, Menata letak menu-menunya… hiks pasti lama banget dan bikin pusing.

Tersebutlah sohib lama saya yang tinggal di Jombang datang bersua. Setelah cerita ngalor ngidul, akhirnya kok ya kami nyemplung ke bahasan website. Dia sudah bikin website untuk sekolahnya, namun belum di upload. Dia pakai CMS. Hah CMS? Content Management System? pernah dengar dari dosen pemrograman web, tapi belum pernah mencicipi. Tenyata saya ga sadar kalau selama ini saya tuh gaptek banget. Ga tahu kalau ada cara mudah bikin web. Instan banget. Ibarat mie ada mie goreng ada mie godog. Tapi ada juga mie instan yang lebih praktis dan ga kalah enak, meski yang mbuat bukan koki yang ahli. Ternyata begitu juga web. Ada cara instan bikin web yang bisa sehari jadi (tapi ga tanggung jawab kualitasnya kalau cuma sehari). Pakai CMS, dan yang kami pilih adalah joomla bukan indomie. Gapapa deh sebut merk, sekalian promosi toh saya sudah diuntungkan dengan tools ini. Tinggal copy paste, install, upload template, edit-edit… jadi deh. Tapi kentara banget kalau webnya pake CMS, banyak web yang bentuknya mirip. Dan ada beberapa component yang ada nama sumbernya. Wassalam deh bikin web yang ribet. Tapi untuk aplikasi sistem informasi belum bisa pakai CMS. Kalau semuanya bisa serba instan, gak laku dong koki dan programmer. Apalagi buat yang cuma bisa masak sopware.

special thanks to my dear… eva qqqq

3 responses to “Berita Basi tentang Yang Instan – Instan

  1. Tinggal ditambahin ilmu marketingnya ukhti,
    maka insya ALlah, salah satu atau bahkan salah dua (atau kesembilannya🙂 ), 9 dari 10 pintu rizki, bisa terbuka.
    Silahkan pelajari dari sini 9PintuRizki.Info

    # riza:
    iya insya Allah. makasih infonya ya pak

  2. “Tapi kentara banget kalau webnya pake CMS, banyak web yang bentuknya mirip. ”

    hmm .. gak masalah kok mbak .. yang penting khan fungsionalnya jalan .. tinggal ngedit templatenya aja ..

    # riza:
    yup wa, tapi klo nemu template yg bagus bisa jadi ga kentara kalau pake cms

  3. mbak Riza maafkanlah saya baru sempat mampir ke peraduanmu yang sejuk ini. BTW, kasusku lebih2 karena saya biasa bergaul dengan kitab gundul, eeh dapat kitab gundul namanya “kitab cms” yaa sudah harus banyak mutolaah… salam sukses mbak Riza.😀

Leave a Reply

