Share Ilmu di Internet

Sejak 2001, saya telah ditolong oleh orang-orang pandai yang ga pelit. Maksudnya??

Mempelajari sebuah bahasa pemrograman itu akan lebih mudah dengan mempelajari program yang sudah ada. 2001 saya mulai belajar bahasa pemrograman. Waktu itu dapat tugas final project praktikum bahasa pemrograman. Berbekal hasil download dari internet, kelompok kami mengajukan pembuatan game arkanoid. Lho kok download… mbacem dong.

Tentu tidak, para asisten juga bakalan tahu kalau itu buatan orang yang disebarkan di internet. Kami pelajari algoritmanya, kemudian game itu kami modifikasi sampai beberapa tingkat kesulitan. Ditambahi bola jatuh, paku terbang, variasi menu, dll. Tidak berhenti di penggarapan final project ini, untuk mengerjakan tugas-tugas berikutnya banyak belajar dari internet. Bahkan sampe sekarang.

Kenapa bahas share ilmu di internet? Saya baru ingat kalau belum pernah bilang terima kasih pada para pahlawan cyber tanpa tanda jasa itu. Yang sudah membagi ilmunya untuk umat manusia di seluruh dunia secara gratis. Kemarin ada mahasiswa kena tilang yang minta ampunan. Berharap dibebaskan dari sangsi. Akhirnya saya kasih kesempatan untuk lulus asalkan mau ngerjakan tugas. Tugasnya mbuat arkanoid pake delphi. Waktu 5 hari. Tak pikir-pikir kok kejam sekali, akhirnya setelah ngobrol2 saya suruh mbuat ular tangga saja. Waktu saya jelaskan algoritmanya kok sambat sulit dengan waktu 5 hari, akhirnya saya bebaskan dia memilih topik game yang codenya ada di internet, lalu dimodif. Biar dia melakukan seperti apa yang saya lakukan 2001 lalu. Meskipun dari modif donlotan, dulu saya merasa mendapatkan banyak ilmu.

Sadar harus berterima kasih pada banyak guru di internet, ditambah rasa penasaran saya apakah apa yang saya jelaskan ke mhs tadi bisa diterapkan, saya buka IDE delphi 7 saya. Start…. alhamdulillah bisa. Pengen juga menjadi salah satu kontributor bahan belajar coding di internet. Daftar planetsourcecode.com.  Mo upload snake n ladders alias ular tangga, sebuah game sangat sederhana sekali yang mungkin bisa membantu anak2 belajar delphi. Tapi nunggu dapat izin dari pemilik gambar background ular tangga yang sudah saya download. Sekalian di finishing dulu.

Buat murid2 saya yang semangat belajar coding silakan buka planetsourcecode.com. Selamat belajar🙂

This entry was posted in 1. Bookmark the permalink.

3 responses to “Share Ilmu di Internet

Leave a Reply

